Header Ads

5 Cabang Olahraga Paling Populer di Dunia

5 Cabang Olahraga Paling Populer di Dunia
Inilah 5 Cabang Olahraga Paling Populer di Dunia. Nomor 2 dan 3 sangat mengejutkan. (the18.com)
TickNet.Top - Kita semua pasti memiliki olahraga favorit masing-masing, tetapi jika ditanya cabang olahraga apa yang paling populer di dunia? Masalah muncul karena pengertian populer bisa jadi bervariasi. 


Oleh karena itu, untuk menyamakan persepi, di sini kami mengartikan populer sebagai sesuatu yang paling banyak ditonton, paling banyak dimainkan, atau olahraga dengan banyaknya penggemar yang fanatik! 

Dilansir dari topendsports, berikut adalah 5 olahraga paling populer di dunia 

5. Bola Voli 
Sabina Altynbekova
Sabina Altynbekova (kompas)


Olahraga yang ditemukan oleh William G. Morgan ini cukup wajar jika masuk 5 cabang olahraga yang paling populer di dunia. Cabang olahraga bola ini diperkirakan memiliki 900 juta penggemar di seluruh dunia. Sebarannya cukup merata di semua benua, kecuali Afrika. 

Di Indonesia sendiri olahraga ini termasuk olahraga yang cukup memasyarakat. Indonesia juga sudah memiliki kompetisi tingkat Nasional yang rutin diselenggarakan tiap tahun. Di tingkat regional, Tim bola voli Indonesia, baik putra maupun putri termasuk tim yang diperhitungkan. 

Meskipun begitu di tingkat Asia, Indonesia masih kalah oleh tim-tim dari Asia Timur, Asia Barat dan Asia Tengah. Minat masyarakat Indonesia pada olah raga bola voli cukup tinggi. Hampir di setiap sekolah dari SD sampai SMA hampir semuanya memiliki lapang bola voli. 

Sayangnya pada tahun 2018 bola voli tidak masuk dalam daftar cabang olah raga yang dipertandingkan dalam Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (02SN). Padahal 02SN adalah ajang berjenjang yang diharapkan dapat menjaring dan melahirkan atlet-atlet muda yang bisa berprestasi sampai tingkat dunia. 

4. Tenis 
Maria Sharapova
Maria Sharapova (wtatennis)


Tenis diperkirakan memiliki 1 milyar penggermar di seluruh dunia yang kebanyakan dari benua Eropa, Amerika dan Asia. Untuk Benua Eropa dan Amerika kepopuleran olahraga tenis bisa dianggap wajar karena banyak petenis top lahir di sana. 

Untuk Asia, India pernah memiliki Sania Mirza yang pada tahun 2015 pernah menempati peringkat 1 Dunia ganda putri bersama Martina Hingis. China pernah memiliki Li Na yang pernah menacapai peringkat 2 Putri Dunia pada tahun 2014. Dan yang paling populer saat ini adalah Naomi Osaka dari Jepang yang saat ini (Februari 2019) menduduki peringkat 1 dunia putri. 

Dengan memiliki atlet tingkat dunia seperti mereka, wajar jika tenis menjadi salah satu olahraga paling diminati di negara tersebut. 

Indonesia sendiri pernah memiliki Yayuk Basuki yang pernah mencapai peringkat 19 Dunia tunggal putri (1997) dan 9 Dunia Ganda Putri (1998). 

Setelah era Yayuk Basuki, hampir tak ada lagi petenis Indonesia yang mampu menembus peringkat 20 Dunia, kecuali Angelique Widjaja yang pernah mencapai peringkat 15 Dunia untuk ganda putri (2004). 

Di Indonesia Tenis lebih populer di kalangan menengah ke atas. Lapangan tenis relatif jarang ditemukan di pedesaan. Di sekolah-sekolah pun paling tersedia di lapangan serba guna. Itupun lebih sering digunakan oleh para guru. 

Tenis memang cukup populer di kalangan para pegawai dan pensiunan. Tetapi tidak cukup populer di kalangan usia muda. 

3. Hoki Lapangan 
Charlotte Veitner
Charlotte Veitner (ESPN)
Bagi kita mungkin cukup mengejutkan. Tetapi ternyata Hoki Lapangan adalah cabang olahraga paling populer ketiga di dunia. Hoki Lapangan diperkirakan memiliki 2 Milyar Penggemar dan mereka tersebar di semua benua kecual Amerika. 

Di Eropa, Sejak zaman dahulu hoki Sangat populer di Inggris. Inggris membawa kegemarannya tersebut ke semua negeri jajahannya (persemakmuran), termasuk di Asia yaitu India dan Pakistan. Olahraga ini kemudian menjadi salah satu olahraga paling digemari negara tersebut. 

Di Australia yang juga bekas jajahan Inggris, olahraga ini juga cukup populer. Sedangkan di Indonesia, gema olahraga Hoki Lapangan hampir tak terdengar. 

2. Kriket 
Meg Lanning
Meg Lanning (abc)
Lagi-lagi olahraga yang jangankan populer, bahkan namanya pun mungkin banyak masyarakat Indonesia yang belum pernah mendengarnya, dan memang hal ini cukup wajar

Lagi-lagi olahraga ini hanya terkenal di negara-negara persemakmuran Inggris, terutama di Asia Selatan seperti India, Pakistan dan Srilanka. Selain tentunya populer juga di Inggris, olahraga ini juga cukup terkenal di Wales, Australia, Selandia Baru, Afrika Selatan, Zimbabwe dan wilayah Karibia yang penduduknya berbahasa Inggris. 

Dengan basis penggemar dari negara-negara tersebut, olahraga ini diperkirakan memiliki 2,5 milyar penggemar. Tetapi meski begitu sama seperti Hoki Lapangan. Geliat olahraga kriket di Indonesia masih belum terasa. 

1. Sepak Bola 
Alex Morgan
Alex Morgan (livekindly)


>
Kalau olahraga satu ini kita semua mungkin setuju. Dengan perkiraan penggemar mencapai 3.5 Milyar, Sepakbola berhak dinobatkan menjadi olahraga terpupler. Basis penggemar olahraga sepakbola hampir merata di seluruh dunia kecuali Australia. 

Di Indonesia, meskipun prestasi di tingkat regional pun masih tertatih, fakta tersebut tak mampu menghambat olahraga ini menjadi olahraga terpopuler. Hampir setiap kampung setidaknya memiliki sebuah lapangan sepak bola sederhana. 

Begitu pula dengan sekolah. Hampir setiap sekolah memiliki lapangan sepakbola meskipun mungkin kualitas da fasilitasnya jauh di bawah standar. Bagi anak-anak, keberadaan lahan-lahan kosong, sawah-sawah kering dan bahkan jalanan yang sepi bisa dijadikan tempat untuk bermain sepak bola. 

Di tingkat nasional, Liga profesional rutin digelar tiap tahun. Kompetisi junior pun sering diadakan baik di tingkat lokal, klub sampai nasional. Sekolah-sekolah sepakbola mulai muncul bahkan sampai pelosok sekalipun. 

Tetapi sayangnya sama seperti Bola Voli, Sepak Bola tidak masuk dalam olahraga yang dipertandingkan dalam O2SN. 

***


Itulah 5 Cabang olahraga paling populer di dunia. Bagi Anda mungkin daftar di atas cukup mengejutkan dan bahkan tidak setuju. Misalnya mengapa kriket dan hoki lapangan bisa lebih populer dari bola basket, baseball atau badminton? Anda bisa bebas mengungkapkan pendapat anda di kotak komentar di bawah.

Tidak ada komentar


Diberdayakan oleh Blogger.